Nurul Ilmi. 2024. Mengukur Kualitas Hubungan Interpersonal Guru dan Siswa pada Pembelajaran Kimia Menggunakan Instrumen QTI dengan Permodelan Rasch. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeeri Gorontalo. Pembimbing 1 : Prof. Dr. Lukman A. R. Laliyo, M.Pd, MM., dan Pembimbing II: Jafar La Kilo S.Pd, M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan persepsi siswa di SMA/MA Kota Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango terkait kualitas hubungan interpersonal guru dan siswa pada pembelajaran kimia ditinjau dari 8 indikator perilaku interpersonal guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitaif menggunakan metode survei. Data penelitian diambil dari 8 Sekolah Menengah Atas (SMA/MA) di Kota Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango secara random sampling yang terdiri atas 1.232 siswa kelas XI IPA dan XII IPA menggunakan Questionnaire on Teacher Interaction (QTI) dengan 53 item pernyataan. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan permodelan Rasch dengan bantuan software winsteps 3.73 dan SPSS yang digunakan untuk melihat realibilitas dan validitas instrumen penelitian ini. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, secara umum hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas hubungan interpersonal guru kimia dan siswa di SMA/MA Kota Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango yang ditinjau dari 8 indikator perilaku interpersonal guru sudah terjalin dan terbentuk dengan baik. Adapun untuk perbandingan di 8 SMA/MA tersebut menunjukkan bahwa kualitas hubungan interpersonal guru kimia dan siswa di MAN 1 Kota Gorontalo sudah terjalin baik dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 0,01 dibandingkan dengan SMAN 1 Kabila sebesar 0,02, SMAN 7 Prasetya sebesar 0,07, SMAN 5 Gorontalo sebesar 0,08, SMA Terpadu Wira Bhakti sebesar 0,09, SMAN 2 Gorontalo sebesar 0,11, SMAN 4 Gorontalo sebesar 0,12, dan SMAN 1 Suwawa sebesar 0,18. Untuk hasil penelitian. Hipotesis diuji menggunakan uji Oneway Anova dengan bantuan aplikasi SPSS. Dari hasil analisis diperoleh nilai pvalue<sig (0,000<0,050), artinya terdapat perbedaan kualitas hubungan interpersonal guru kimia dan siswa yang dipersepsi oleh siswa di 8 SMA/MA Kota Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango yang ditinjau dari 8 indikator perilaku interpersonal guru. Kata Kunci: Hubungan interpersonal guru dan siswa, QTI, Rasch model.