PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN MEDIA WORDWALL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI LUAS BANGUN DATAR (SEGITIGA, SEGIEMPAT) KELAS V DI SDN 3 KWANDANG

SINDI PRATIWI B. TIBAN (151421073)
Skripsi
Pembimbing
Gamar Abdullah, S.Si., M.Pd (0025128202)
Andi Marshanawiah, M.Pd (0030099208)
Tanggal Upload
04-07-2025
Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Berbantuan Media Wordwall Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas Bangun Datar Segitiga Dan Segiempat Kelas V Di SDN 3 Kwandang.?”. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Kwandang. Berdasarkan studi pendahuluan kemampuan yang diperoleh siswa masih sangat rendah yakni hanya 5 orang siswa yang tuntas dengan persentase 31,25%. Pada siklus I terjadi peningkatan yakni sebanyak 9 orang dengan persentase 56%. Hal ini belum mencapai kriteria ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan yakni 80%, sehingga penelitian akan dilanjutkan pada siklus selanjutnya yakni siklus II. Pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 14 orang dengan persentase 87,5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model permbelajaran PBL (Problem based learning) dengan berbantuan media Wordwall pada materi Luas bangun Datar Segitiga dan Segiempat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN 3 Kwandang. Kata Kunci: PBL, Media Wordwall, Hasil Belajar