PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI PROMOSI MEDIA BARU

MEYLIANA MALEO (291416022)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Noval Sufriyanto Talani, S.Sn., M.Ds., M.Si. (0012117905)
Dr. Rahmatiah, S.Pd., M.Si. (0011117503)
Tanggal Upload
24-08-2023
Abstract

Meyliana Maleo, Kemajuan teknologi tidak dapat dibendung. Tidak diragukan lagi kemajuan teknologi telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. TikTok merupakan aplikasi sosial media yang paling populer di Indonesia. Dalam menyalurkan informasi, TikTok menggunakan metode musik-video dengan durasi pendek. Selain itu, aplikasi TikTok dapat dengan real time menyampaikan informasi dengan cara live streaming. Aplikasi TikTok selain menjadi media sosial yang dapat membagikan foto atau video-musik juga dimanfaatkan sebagai media untuk mempromosikan barang dagangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial TikTok sebagai media promosi oleh remaja di Gorontalo.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang dipakai adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Lokasi yang menjadi penelitian ini adalah Kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial TikTok sebagai promosi media baru sangat membawa dampak positif dalam menjalankan bisnis online. Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa kehadiran TikTok direspon dengan baik oleh remaja Gorontalo sehingga mereka dapat memanfaatkan media sosial sebagai tempat promosi barang jualan. Bahasa yang mereka gunakan dalam mepromosikan barang sangat bervariatif, mulai menggunakan bahasa Gorontalo atau bahasa indonesia dan Inggris. Adapun strategi promosi yang digunakan oleh remaja Gorontalo adalah pemberian harga diskon, kupon voucher, barang gratis, dan garansi produk. Kata Kunci: Media Baru, Media Promosi, Remaja, TikTok