ANALISIS KESULITAN DALAM LITERASI MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SDN 20 DUNGINGI KOTA GORONTALO

MARYAM KIDAMU (151419158)
Skripsi
Pembimbing
Prof. Dr. Rusmin Husain, S.Pd., M.Pd., MCE (0014046012)
Dra. Dajani Suleman, M.Hum (0007105810)
Tanggal Upload
21-08-2023
Abstract

Kidamu, Maryam. 2023. Analisis Kesulitan Dalam Literasi Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 20 Dungingi, Kelurahan Tomulabutao, Kecamatan Dungingi, Provinsi Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo : Pembimbing (I) Prof. Dr. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd, MCE (II) Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Rumusan masalah penelitian ini, “Bagaimana kesulitan dalam literasi membaca permulaan siswa kelas II SDN 20 Dungingi?, apa saja faktor penyebab kesulitan dalam literasi membaca permulaan siswa kelas II SDN 20 Dungingi?, Bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan dalam literasi membaca permulaan siswa kelas II SDN 20 Dungingi?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan dalam literasi membaca permulaan siswa kelas II SDN 20 Dungingi, Faktor penyebab kesulitan dalam literasi membaca permulaan siswa kelas II SDN 20 Dungingi, Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan dalam literasi membaca permulaan siswa kelas II SDN 20 Dungingi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif studi kasus dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas II yang berjumlah 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 3 cara yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 6 dari 20 siswa yang mengalami kesulitan dalam literasi membaca permulaan dengan berbagai bentuk kesulitan yaitu seperti kesulitan dalam mengenal huruf, membaca kata yang bermakna/tidak bermakna, membaca nyaring, dan memahami isi teks bacaan. Setiap siswa memiliki faktor penyabab yang dapat mempengaruhi kemampuan membaca seperti faktor minat, fisik, motivasi, dan keluarga. Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi siswa yang berkesulitan dalam literasi membaca permulaan yaitu memberikan rasa percaya diri pada siswa, tidak menyalahkan siswa atas kondisi yang dialaminya, dan memberikan program khusus membaca remedial. Kata Kunci : Analisis kesulitan, Literasi Membaca Permulaan