PARTISIPASI STAKEHOLDER EKSTERNAL DALAM MENDUKUNG CITRA SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 LIMBOTO

ULANDA DAMA (131418035)
Skripsi
Pembimbing
Prof.Dr.Roskina Mas, M.Pd.MM (0007046603)
Dr. Nina Lamatenggo, S.E. M.Pd (0007126605)
Tanggal Upload
23-08-2023
Abstract

Ulanda Dama. 2023. Partisipasi Stakeholder Eksternal Dalam Mendukung Citra Sekolah di SMA Negeri 1 Limboto. Kabupaten Gorontalo. Provinsi Gorontalo. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Sitti Roskina Mas, M.Pd., MM., dan Pembimbing II Dr. Nina Lamatenggo, SE., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi stakeholder eksternal dalam mendukung citra sekolah di SMA Negeri 1 Limboto yang ditinjau dari: (1) partisipasi orang tua siswa dalam mendukung citra sekolah; (2) partisipasi tokoh masyarakat dalam mendukung citra sekolah; (3) partisipasi LSM dalam mendukung citra sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis pendekatan eksplanatori. Subjek penelitian adalah guru yang berjumlah 50 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) partisipasi orang tua siswa dalam mendukung citra sekolah berada pada kategori cukup baik dengan persentase 77.43%; (2) partisipasi tokoh masyarakat dalam mendukung citra sekolah berada pada kategori cukup baik dengan persentase 73.33%; (3) partisipasi LSM dalam mendukung citra sekolah berada pada kategori kurang baik dengan persentase 67.77%. Untuk itu disarankan: (1) bagi sekolah, kiranya untuk dapat memberikan ruang seluas-luasnya bagi orang tua siswa, tokoh masyarakat serta LSM untuk dapat berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan yang ada di sekolah sesuai dengan bidang dan kemampuan mereka; (2) bagi orang tua siswa, kiranya untuk dapat menumbuhkan rasa akan kepemilikan sekolah yang tinggi, agar dengan hal tersebut orang tua siswa lebih peduli akan peningkatan kualitas citra pendidikan yang semakin baik; (3) bagi tokoh masyarakat, kiranya untuk dapat membangun kesadaran mutu serta memiliki perhatian yang tinggi terhadap kehidupan akademik yang ada di sekolah dengan sama-sama membangun citra pendidikan yang mengutamakan pada kebutuhan siswa; (4) bagi LSM, kiranya untuk dapat lebih peduli dan terlibat aktif dalam membangun kemitraan dengan pihak sekolah sehingga dapat membangun citra sekolah yang baik dengan memberikan akses pendidikan yang sama bagi maasyarakat luas. Kata kunci : partsipasi, stakeholder eksternal, citra sekolah