PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH ALKHAIRAAT AMPANA KOTA KABUPATEN TOJO UNA-UNA PROVINSI SULAWESI TENGAH

HASNA S BUDUAMIN (911416056)
Skripsi
Pembimbing
Dra. Irina Popoi,M.Pd (0028026007)
Fitri Hadi Yulia Akib,SE,ME (0028026007)
Tanggal Upload
03-06-2023
Abstract

Hasna S. Buduamin NIM 911416056. 2022. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dimadrasah Aliyah Alkhairaat Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-Una Sulawesi Tengah”.. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Ibu Dra. Irina Popoi M.Pd Sebagai Pembimbing I & Ibu Fitri Hadi Yulia Akib, SE, ME sebagai Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Alkhairaat Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-Una Provinsi Sulawesi Tengah. Pendekatan penelitian mengunakan kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara melakukan penyebaran angket kepada guru, sehingga data dalam penelitian ini yakni data primer. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah Berpengaruh Positif dan Signifikan dari terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Alkhairaat Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-Una Provinsi Sulawesi Tengah. Pada perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai Rsquer sebesar 0,742 yang berarti bahwa sebesar 74,2% pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Alkhairaat Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-una. sedangkan sisanya sebesar 25,8% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru