Puspita Andini, 2017, Pembelajaran Pianika Melalui Metode Tutor Sebaya pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Suwawa, Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. La Ode Karlan, S.Pd., M.Sn, dan Pembimbing 2 Rahmawati Ohi, S.Pd., M.Sn. Penelitian ini dilakukan karena adanya beberapa permasalahan yang ditemui dalam proses pembelajaran, adapun permasalahan dalam penelitian yakni belum tercapainya tujuan pembelajaran yang disebabkan oleh beberpa faktor, seperti kurangnya minat peserta didik, penggunaan metode yang kurang efektif dan berjalan satu arah, serta kurangnya interaksi guru dan peserta didik. Dengan adanya penelitian ini peserta didik diharapkan dapat memainkan alat musik melodis dengan lagu daerah.Dalam hal ini, alat musik yang digunakan adalah pianika. Penelitian ini menggunakan metode Tutor Sebaya, dimana metode ini memanfaatkan peserta didik yang pandai untuk membimbinng peserta didik lainnya yang mengalami kesulitan belajar. Pada pelaksanaanya metode ini bertujuan untuk membantu peserta didik yang mengalami kesulitan belajar agar bisa memahami materi pembelajaran melalui cara yang lebih bersahabat. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran Pianika melalui metode Tutor Sebaya, efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Dari total 8 peserta didik yang dijadikan sampel dalam penelitian, sebanyak 7 berhasil mencapai ketuntasan dalam memainkan pianika dengan lagu daerah, sementara 1 peserta didik masih belum mencapai ketuntasan. Kata Kunci : Pembelajaran, Pianika , Tutor Sebaya