PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA DISRUPSI PADA SEKOLAH BOARDING (STUDI MULTIKASUS DI MA HUBULO, MA AL-HUDA DAN SMAT WIRA BHAKTI)

ANNISA NURAISYAH ANNAS (702620010)
Disertasi
Pembimbing
Prof. Dr. Hi. Ansar, S.Pd, M.Si (0014116107)
Dr. Arwildayanto, S.Pd, M.Pd (0015097511)
()
Tanggal Upload
07-06-2023
Abstract

Annisa Nuraisyah Annas. 2023. Pendidikan Karakter di Era Disruptif pada Sekolah Boarding (Studi Multikasus di MA Hubulo, MA Al-Huda dan SMAT Wira Bhakti Gorontalo), Disertasi, Program Doktor Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, Promotor: (1) Prof. Dr. Ansar, M.Si. (2) Dr. Arwildayanto, M.Pd. (3) Prof. Dr. Sitti Roskina, M.M., M.Pd. Pendidikan yang berkarakter di dapatkan dari sebuah proses habituasi nilai-nilai karakter. Melalui pembiasaan nilai-nilai karakter untuk membentuk pribadi yang unggul pasti akan menghasilkan mutu lulusan yang yang berkarakter unggul. Untuk menghasilkan mutu lulusan yang berkarakter di era disruptif dibutuhkan manajemen nilai-nilai karakter yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan: (1) Untuk menjelaskan program pendidikan karakter: a) artikulasi visi dan misi, b) Implementasi lima dasar nilai PPK pada MA Hubulo, MA Al-Huda dan SMAT Wira Bhakti. (2) Untuk menguraikan inovasi program pendidikan karakter pada: a) inovasi model perencanaan, b) inovasi model pelaksanaan, dan c) inovasi sistem pengawasan pendidikan karakter di MA Hubulo, MA Al-Huda dan SMAT Wira Bhakti. (3) Untuk menjelaskan implementasi dari inovasi program pendidikan karakter pada MA Hubulo, MA Al-Huda dan SMAT Wira Bhakti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan multikasus dan metode komparatif konstan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara mendalam, (2) observasi partisipan, dan (3) dokumentasi. Data dianalisis dengan interactive model yang terdiri dari data collection, data reduction, data display dan conclusion. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, program pendidikan karakter diwujudkan melalui empat aspek yakni visi dan misi sekolah, nilai-nilai dan keyakinan terkait pendidikan karakter yang di kembangkan. Nilai-nilai karakter yang di implementasikan mengacu pada visi dan misi, kemudian dirancang bersama stakeholders sekolah dan dijadikan proses habituasi dalam implementasi pendidikan karakter di sekolah/madrasah. Kedua, untuk menjabarkan visi misi, nilai-nilai dan yang telah di programkan, maka sekolah melakukan inovasi program nilai-nilai karakter dalam tiga substansi manajemen pendidikan yaitu (a) inovasi model perencanaan pendidikan karakter dilandasi model yang sistemik-integratif.(b) inovasi model pelaksanaannya menggunakan habitualisasi (pembiasaan), model keteladanan perilaku seseorang (role model), pengintegrasian kegiatan dan program ekstrakurikuler, intra dan ko-kurikuler dan pembentukan lingkungan yang kondusif. (c) model pengawasan menggunakan manajemen kontrol internal melalui tata tertib dan pengawasan dengan melibatkan seluruh unsur-unsur terkait. Ketiga, Di era disrupsi ini ada lima bagian nilai- nilai karakter penting yang mesti di implementasikan pada sekolah boarding dalam mengatasi problematika terkait karakter pada era 4.0 yakni; yakni cara berpikir (pola pikir), cara meyakini (spiritual-hati), cara bersikap dan berperilaku (sopan santun dan budi pekerti), jujur disertai tanggung jawab, peduli dan kerja keras. Kata Kunci: Pendidikan, Karakter, Era Disruptif, Sekolah Boarding.