PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI PENDEKATAN BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP FISIKA DI SMA NEGERI 6 GORONTALO UTARA

ANATASYA LAGARUSU (421418023)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Abdul Haris Odja, S.Pd, M.Pd (0007117802)
Dr. Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd (0024047403)
Tanggal Upload
18-06-2023
Abstract

Anatasya Lagarusu, 421418023. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Pendekatan Berdiferensiasi Menggunakan Blended Learning Terhadap Hasil belajar Siswa Pada Konsep Fisika Di SMA Negeri 6 Gorontalo Utara. Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Abdul Haris Odja dan Pembimbing 2 Citron S. Payu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning melalui pendekatan berdiferensiasi menggunakan blended learning terhadap hasil belajar siswa pada konsep fisika di SMA Negeri 6 Gorontalo Utara. Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Jenis penelitian ini termasuk quasi eksperimen (eksperimen semu) Desain yang digunakan adalah Pretets-Posttest Only Control Grub Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA dengan sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 2 dan kelas XI MIPA 3 dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Hasil analisis pengujian hipotesis untuk kelas eksperimen dan kontrol t hitung > t tabel untuk taraf ∝= 0,05. Rata-rata yang diperoleh pada kelas eksperimen adalah 87,18 dan pada kelas kontrol 58,5. Hal ini dapat menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa saat menggunakan pendekatan berdiferensiasi dan tidak berdiferensiasi dalam penggunaan model pembelajaran problem based learning. Kata kunci:Problem Based Learning, Pendekatan Berdiferensiasi, Hasil Belajar