WINDY OKTAVIANI. 2023. Pengembangan E-Modul Tipe Flipbook Berbasis Studi Kasus Stunting untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep pada Materi Sistem Pencernaan. Program Studi Pendidikan Biologi. Pembimbing I: Prof. Dr. Margaretha Solang, M.Si. Pembimbing 2: Dr. Masra Latjompoh, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan mengetahui penguasaan konsep peserta didik pada materi sistem pencernaan menggunakan e-modul tipe flipbook berbasis studi kasus stunting. Penelitian ini menggunakan metode penelitian & pengembangan (Research & Development) modifikasi dari Sugiyono (2018). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket dan tes. Uji coba dilakukan pada 37 peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kabila. Hasil penelitian menemukan: (1) uji validitas berdasarkan validasi isi/materi memperoleh persentase 87,5% (Sangat Baik) dan validasi konstruk memperoleh persentase 98% (Sangat Baik) (2) uji kepraktisan berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran memperoleh persentase 92,63% (Sangat Baik), persentase aktivitas peserta didik sebesar 90,22% (Sangat Baik), persentase respon guru sebesar 96% (Sangat Baik), dan persentase respon peserta didik yaitu 98,96% (Sangat Baik) (3) penguasaan konsep peserta didik dilihat dari tes hasil belajar memperoleh persentase klasikal sebesar 70?n hasil analisis N-Gain score kelompok kecil bernilai 0,70 (Tinggi). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul tipe flipbook berbasis studi kasus stunting memenuhi kriteria valid, praktis, dan dapat digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep pada materi sistem pencernaan dalam pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Kabila. Kata kunci: e-modul, penguasaan konsep, sistem pencernaan, studi kasus, stunting