PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP WIDIYAKRAMA KABUPATEN GORONTALO

NURAIN AHMAD (911416133)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Meyko panigoro S.Pd, M.Pd (0024057903)
Melizubaida Mahmud, S. Pd., M. Si (0024057903)
Tanggal Upload
21-06-2023
Abstract

Nurain Ahmad NIM 911416133. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Stad (Student Team Achievement Division) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Widiyakrama Kabupaten Gorontalo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Ibu Dr. Meyko Panigoro, S,Pd Sebagai Pembimbing I & Ibu Melizubaida Mahmud, S.Pd, M,Si Sebagai Pembimbing II. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Stad (Student Team Achievement Division) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Kelas VIII Smp Widiyakrama Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang menggunakan daftar pertanyaan tertulis (Angket) yang disiapkan peneliti dan diisi oleh responden secara mandiri.yang menjadi responden pada penelitian ini sebanyak 30 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perhitungan nilai koefisien determinasi (R-Square) sebesar 0,537 menunjukan bahwa sebesar 53,7% variasi aktivitas belajar siswa dapat dijelaskan oleh model pembelajaran tipe STAD. Hal ini menandakan bahwa model pembelajaran STAD dengan dimensi-dimensi tersebut memberikan konstribusi yang signifikan dalam menjelaskan variasi aktivitas belajar siswa. Kata Kunci :Model Pembelajaran STAD, Aktivitas Belajar Siswa