PERAN GURU PPKN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI SILA PERSATUAN INDONESIA PADA PEMBELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 7GORONTALO

SITI RAHMIYATI ALIM (221419009)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd (0009056707)
Asmun W Wantu, S.Pd, M.Sc (0012077803)
Tanggal Upload
13-01-2024
Abstract

Siti Rahmiyati Alim . 2023. Peran Guru PPKn Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Sila Persatuan Indonesia Pada Pembelajaran PPKn Di SMP Negeri 7Gorontalo. Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan. Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1, Dr. Zulaecha Ngiu, M,Pd, dan Pembimbing 2, Asmun W Wantu, S.Pd.,M.Sc. Masalah dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana peran guru PPKn dalam menanamkan nilai-nilai sila persatuan Indonesia pada pembelajaran PPKn di SMP Negeri 7 Gorontalo. 2) kendala apa yang di hadapi guru PPKn dalam menanamkan nilai- nilai persatuan indonesia di SMP Negeri 7 Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif Menurut Suharsimi penelitian deskriptif kualitatif tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis tertentu, tetapi hanya menggambarkan apa adanya tentang suatu variabel, gejala atau keadaan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa maupun guru di SMP Negeri 7 Gorontalo. Data hasil penelitian dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang di kumpulkan di analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menujukan bahwa peran guru PPKn dalam menanamkan nilai-nilai persatuan Indonesia pada pembelajaran PPKn Di SMP Negeri 7 Gorontalo , suda sangat baik, dimna dalam nilai sila persatuan indonesia sangatlah penting. dalam arti selalu mengajarkan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa dan selau ditanamkan dalam diri siswa. Akan tetapi masi ada faktor penghambat yaitu faktor lingkungan, keterlambatan dan semangat siswa. Kata Kunci: Peran Guru PPKn, Menanamkan Nilai-nilai Sila Persatuan Indonesia