Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan KIT untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Termodinamika di SMA Negeri 1 Telaga. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain one group pretest posttest. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas (kelas eksperimen dan kelas replikasi), masing-masing berjumlah 30 siswa kelas XI yang diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan model PBL berbantuan media kit selama dua pertemuan. Instrumen penelitian berupa tes uraian enam butir soal yang dikembangkan berdasarkan lima indikator kemampuan pemecahan masalah menurut Heller. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji-t berpasangan, dan analisis N-Gain.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan antara nilai pretest dan posttest di kedua kelas. Rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,86 (kategori tinggi) dan kelas replikasi sebesar 0,83 (kategori tinggi). Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel pada kedua kelas, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Dengan demikian, penerapan model Problem Based Learning berbantuan KIT terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi termodinamika. Kata Kunci: Problem Based Learning, Media Kit, Kemampuan Pemecahan Masalah, Termodinamika.