ABSTRAK Fitriyana. NIM 911419022. 2023. “Pengaruh Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Pengelolaan Kelas Mahasiswa Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Program Studi Pendidikan Ekonomi Di SMK Negeri 2 Paguyaman Kabupaten Boalemo”.Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si Sebagai Pembimbing I & Ibu Dr. Radia Hafid, S.Pd., M.Si Sebagai Pembimbing II. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Pengelolaan Kelas Mahasiswa Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Program Studi Pendidikan Ekonomi Di SMK Negeri 2 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Penelitian ini menggunakan pendekatan Survey, dengan menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner pada siswa SMK Negeri 2 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Jumlah Penarikan Sampel dalam penelitian ini sebesar 42 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh persepsi siswa terhadap keterampilan pengelolaan kelas mahasiswa Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Jurusan Pendidikan Ekonomi, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019 di SMK Negeri 2 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil analisis, kajian relevan dan penelitian ini memiliki hasil yang sama yaitu terdapat pengaruh antara pengaruh persepsi siswa terhadap keterampilan pengelolaan kelas mahasiswa Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Jurusan Pendidikan Ekonomi, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019 di SMK Negeri 2 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Kata Kunci : Persepsi Siswa, Keterampilan Pengelolaan Kelas