PENGARUH VIRAL MARKETING, FASILITAS DAN HARGA TIKET TERHADAP MINAT BERKUNJUNG MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA OBJEK WISATA PLANET WATERBOOM GORONTALO)

ALLYA MAULANI LUMADJA (931420128)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Hapsawati Taan, ST., M.M (0001027602)
Zulfia K. Abdussamad, SE, M.SI (0025097904)
Tanggal Upload
04-02-2025
Abstract

Allya Maulani Lumadja, 2024. “Pengaruh Viral Marketing, Fasilitas, dan Harga Tiket Terhadap Minat Berkunjung Masyarakat (Studi Kasus Pada Objek Wisata Planet Waterboom Gorontalo)” Program Studi S1 Manajemen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Dr. Hapsawati Taan, ST., M.M, Sebagai Dosen Pembimbing I dan Ibu Zulfia K. Abdussamad, SE, M.SI, Sebagai Dosen Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh viral marketing, fasilitas, dan harga tiket terhadap minat berkunjung masyarakat (Studi Kasus Pada Objek Wisata Planet Waterboom Gorontalo). Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 100 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling dan purposive sampling dengan rumus slovin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner (angket), observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil data yang telah dikumpulkan melalui pembagian angket telah diuji dengan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda serta uji hipotesis. Berdasarkan Hasil penelitian uji analisis regresi linear berganda menggunakan aplikasi SPSS versi 23, menunjukkan bahwa variabel viral marketing berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung, fasilitas berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung, harga tiket berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung. Viral marketing, fasilitas dan harga tiket secara simultan mempengaruhi minat berkunjung masyarakat di Objek Wisata Planet Waterboom Gorontalo. Nilai koefisiensi determinasi menunjukkan adjusted R square sebesar 0,642. Hal ini menunjukan bahwa besar pengaruh variabel independen yaitu viral marketing, fasilitas dan harga terhadap variabel dependen minat berkunjung masyarakat pada Objek Wisata Planet Waterboom Gorontalo yang dapat diterangkan oleh model persamaan ini sebesar 64,2%, sedangkan sisanya sebesar 35,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Viral Marketing, Fasilitas, Harga, Minat Berkunjung.