KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA BIDANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DESA MATAINDAHA KECAMATAN PASI KOLAGA KABUPATEN MUNA

WILDA ISNAINI (941420086)
Skripsi
Pembimbing
Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd (0023046006)
Dr. Irawaty Igirisa, M.Si (0028097104)
Tanggal Upload
07-05-2025
Abstract

Wilda Isnaini. 941420086. 2024. Kualitas Pelayanan Publik Pada Bidang Administrasi Kependudukan Di Desa Mataindaha Kecamatan Pasi Kolaga Kabupaten Muna. Program S1 Administrasi Publik, Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd dan pembimbing II Dr. Irawaty Igirisa, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana Kualitas Pelayanan publik Pada Bidang Administrasi Kependudukan Di Desa Mataindaha Kecamatan Pasi Kolaga Kabupaten Muna, dengan menggunakan beberapa dimensi untuk mengukur kualitas pelayanan yaitu; (1) Tangibles atau bukti fisik, (2) reliability atau kehandalan, (3) responsiviness atau daya tanggap, (4) assurance atau jaminan, dan (5) emphaty atau perhatian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan informan penelitian yang berjumlah 10 (sepuluh orang). Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Kualitas Pelayanan Publik Pada Bidang Administrasi Kependudukan Di Desa Mataindaha Kecamatan Pasi Kolaga Kabupaten Muna, dilihat dari lima dimensi yaitu tangibles, reliability, responsiviness, assurance, dan emphaty sudah baik, Hanya saja pada aspek tangibles masih terdapat beberapa fasilitas yang masih kurang dan perlu segera dilengkapi, dan aspek assurance (jaminan) juga masih kurang dimana aparat desa Mataindaha belum mampu memberikan pelayanan yang cepat dan tepat waktu, sehingga masih banyak masyarakat yang mengeluh mengenai hal tersebut. Sedangkan kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiviness) dan perhatian (emphaty) yang ditunjukkan oleh aparatur desa sudah baik, ditunjukkan dengan sikap cepat tanggap aparatur desa dalam membantu menyelesaikan permasalahan masyarakat dan bersedia menjelaskan kembali mengenai prosedur pelayanan yang belum dimengerti oleh masyarakat. Kata Kunci: Tangibles, Reliability, Responsiviness, Assurance, Emphaty.