PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUKAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM SMA NEGERI 1 TELAGA

LILIS ANGGRAINI (441419043)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Masrid Pikoli, S.Pd., M.Pd. (0014087301)
Haris Munandar, S.Pd., M.Pd (0909098902)
Tanggal Upload
21-06-2023
Abstract

Lilis Anggraini, 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Berbantukan Google Classroom Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Garam SMA Negeri 1 Telaga. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Masrid Pikoli, S.Pd.,M.Pd. dan pembimbing 2 Haris Munandar, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Blended Learning Berbantukan Google Classroom Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Garam SMA Negeri 1 Telaga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Populasi penelitian yaitu 220 siswa SMA Negeri 1 Telaga. Sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4 SMA Negeri 1 Telaga yang berjumlah 72 siswa . Data yang digunakan pada penelitian ini berupa data tes kemapuan berfikir kreatif dan angket kemandirian belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berfikir kreatif kelas eksperimen yakni kelas XI IPA 2 rata-rata sebesar 75,29 dan untuk kelas kontrol yakni kelas XI IPA 4 rata-rata sebesar 58,95 dengan selisih 16,34. Untuk hasil penelitian kemandirian belajar didapatkan kelas eksperimen yakni kelas XI IPA 2 rata-rata sebesar 72,39 dan untuk kelas kontrol yakni kelas kelas XI IPA 4 rata-rata sebesar 61,60 dengan selisih 10,79. Hipotesis diuji menggunakan uji t. Dari hasil analisis kemampuan berfikir kreatif menunjukkan: diperoleh thitung > ttabel (86 >1,9) dan untuk analisis kemandirian belajar menunjukkan : thitung > ttabel (11,0 > 1,9) artinya terdapat pengaruh model Pembelajaran Blended Learning Berbantukan Google Classroom Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Siwa Materi Hidrolisis Garam SMA Negeri 1 Telaga. Kata Kunci : Blended Learning, Google Classroom, Berfikir Kreatif, Kemandirian Belajar.