Salviana. 2023. Pengaruh Media Audio Visual terhadap Literasi Membaca Siswa Kelas IV SDN 5 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Rustam I Husain, S.Ag., M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M. Hum. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah Terdapat Pengaruh Media Audio Visual terhadap Literasi Membaca Siswa Kelas IV SDN 5 Limboto Kabupaten Gorontalo?”. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kuantitatif. Menggunakan metode Pre Experimental Design dan desain penelitian yaitu One Grup Pretest Posttest. Menggunakan metode pengumpulan data Observasi, Tes, dan Dokumentasi dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 5 Limboto Kabupaten Gorontalo. Hasil yang diperoleh dari nilai pretest sebelum diberikan perlakuan dengan nilai rata-rata 60,75 dari 20 siswa di SDN 5 Limboto Kabupaten Gorontalo. Nilai rata-rata siswa setelah diberikan perlakuan yaitu 80,75 dari 20 siswa. Hasil setelah dilakukan uji t dengan menggunakan uji paired sample t-test yang diperoleh nilai Mean = 20,00, Simpang baku = 3,9736, thitung = 22,509, ttabel = 0,190, nilai signifikan (2tailed) = 0,000 maka dapat disimpulkan bahwa ɑ= 0,05 > 0,000 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Atau nilai thitung = 22,509 > ttabel = 0,190 sehingga dengan kata lain secara statistika artinya terdapat pengaruh Media Audio Visual Terhadap Literasi Membaca Siswa kelas IV SDN 5 Limboto Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci: Media Audio Visual, Literasi Membaca