HUBUNGAN PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA GURU DI SMA SE-KECAMATAN SUWAWA KABUPATEN BONE BOLANGO

AINAYAH SYAWALIA ANGIO (131419070)
Skripsi
Pembimbing
Dra. Nina Lamatenggo, S.E., M.Pd (0007126605)
Arifin Suking, S.Pd., M.Pd. (0005077604)
Tanggal Upload
14-01-2024
Abstract

Ainayah Syawalia Angio, 2023. “Hubungan Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Atas Se-Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango”. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan Jurusan Administrasi Pendidikan. Pembimbing (I) Dra. Nina Lamatenggo, S.E., M.Pd dan Pembimbing (II) Dr. Arifin Suking, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Hubungan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru Se-Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango, (2) Hubungan motivasi kerja kepala sekolah dengan kinerja guru Se-Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango, (3) Hubungan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja dengan kinerja guru Se-Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Populasi pada sampel ini sebanyak 120 orang Guru yang terdiri dari 3 sekolah. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengambilan sampel ini dengan menggunakan rumus Slovin. Tekhnik pengumpulan data melalui observasi/pengamatan, kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian tekhnik analisis data yang digunakan terhadap data yang terkumpul adalah metode statistik. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) hubungan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru Se-Kecamatan Kabupaten Bone Bolango tidak signifikan, (2) hubungan motivasi kerja kepala sekolah dengan kinerja guru Se-Kabupaten Bone Bolango Berpengaruh Positif dan signifikan, (3) hubungan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja dengan kinerja guru SeKecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango Berpengaruh positif dan signifikan. Untuk itu disarankan; (1) Bagi kepala sekolah SMA Se-Kab Bone Bolango perlu melakukan pengecekan dan meningkatkan perannya sebagai pemimpin, bisa membangun komunikasi yang lebih kuat lagi antar kepala sekolah dan guru, (2) Bagi staf dewan guru dapat meningkatkan kinerjanya pada berbagai tahap mulai dari menyusun RPP, kreatifitas dalam penggunaan media pembelajaran serta bisa membangun komunikasi terbuka. Kata Kunci: Hubungan, Kepemimpinan, Motivasi Kerja, dan kinerja Guru