KEPUTUSAN DAN TINGKAT RETENSI PELANGGAN MILENIAL TERHADAP BRAND PRODUK LOKAL (STUDI KASUS PADA IKM TOHINDI)

RIZKIYANTO AHMAD (614416063)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Irwan Bempah, S.P, M.P (9909003945)
Agustinus Moonti., S.E., M.M. (9909003945)
Tanggal Upload
15-06-2023
Abstract

Rizkiyanto Ahmad. Keputusan Dan Tingkat Retensi Pelanggan Milenial Terhadap Brand produk Lokal (Studi Kasus Pada IKM Tohindi). Dibimbing oleh Dr. Irwan Bempah,S.P, M.P dan Agustinus Moonti, S.E.,M.M Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek brand produk lokal keripik singkong gotela terhadap keputusan pembelian pelanggan milenial,untuk mengetahui pengaruh citra merek brand produk lokal keripik singkong gotela terhadap retensi pelanggan milenial,untuk mengetahui pengaruh keputusan pembelian keripik singkong gotela berpengaruh terhadap retensi pelanggan milenial. penelitian ini dilakukan di kabupaten pohuwato lebih tepatnya kecamatan paguat dan kecamatan dengilo selama 2 bulan, Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif yang mengadopsi Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Citra merek produk secara positif berpengaruh terhadap keputusan pembeli. Hasil pengujian menunjukan bahwa nilai citra merek produk terhadap keputusan pembeli sebesar 0,695 dan t statistik 7,896. Dari hasil ini dinyatakan t-statistik signifikan karena lebih besar dari 1,96 dengan p value 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis pertama di terima. Hal tersebut membuktikan bahwa citra merek produk berpengaruh terhadap keputusan pembeli. (2) Citra merek produk secara positif berpengaruh terhadap retensi pelanggan. Hasil pengujian menunjukan bahwa nilai citra merek produk terhadap retensi pelanggan sebesar 0,402 dan t statistik 2,981. Dari hasil ini dinyatakan t-statistik signifikan karena lebih besar dari 1,96 dengan p value 0,003 < 0,05 sehingga hipotesis kedua di terima. Hal tersebut membuktikan bahwa reterasi pelanggan dipengaruhi oleh citra merek produk. (3) Keputusan pembelian secara positif berpengaruh terhadap retensi pelanggan. Hasil pengujian menunjukan bahwa nilai keputusan pembelian terhadap retensi pelanggan sebesar 0,253 dan t statistik 2,075. Dari hasil ini dinyatakan t-statistik signifikan karena lebih besar dari 1,96 dengan p value 0,038 < 0,05 sehingga hipotesis ketiga di terima. Hal tersebut membuktikan bahwa keputusan pembelian dipengaruhi oleh retensi pelanggan. Serta, pengujian keempat menunjukan hasil bahwa nilai citra merek produk tidak ada pengaruh signifikan terhadap retensi pelanggan yang dimediasi oleh keputusan pembelian sebesar 0,137 dan t statistik 1,650. Hal tersebut membuktikan bahwa citra merek produk tidak berpangaruh secara langsung yang dimediasi oleh keputusan pembelian terhadap retensi pelanggan. Kata kunci: citra merek produk lokal, keputusan pembelian, retensi pelanggan