Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kreatif peserta didik melalui penerapan model PjBL berbasis video Pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Kabila dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, dimana teknik pengambilan sampel ini dilakukan atas pertimbangan-pertimbangan tertentu oleh guru mata pelajaran Biologi sehingga terpilihlah kelas XI IPA 6 SMA N 1 Kabila yang berjumlah 30 orang peserta didik. Hasil penelitian memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 85.07?ngan kategori sangat kreatif untuk tes keterampilan berpikir kreatif pada materi sistem imun, sementara untuk video pembelajaran yang dianalisis berdasarkan indikator keterampilan berpikir kreatif diperoleh persentase rata-rata sebesar 80.0% untuk indikator keterampilan berpikir lancar (Fluency) dan keterampilan berpikir luwes (Flexibility) dengan kategori kreatif, 93.3% pada keterampilan berpikir orisinil (Originality) dengan kategori sangat kreatif dan 86.7% pada indikator keterampilan berpikir memperinci (Elaboration) dengan kategori sangat kreatif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL berdampak positif terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi sistem imun di SMA N 1 Kabila. Kata kunci : Keterampilan Berpikir Kreatif, PjBL, Sistem Imun, Video Pembelajaran