PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SCRAPBOOK PADA MATERI SENI KALIGRAFI BAGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 GORONTALO

SARTIKA H. ALWI (544420019)
Skripsi
Pembimbing
Hasdiana, S.Pd., M.Sn. (0021057803)
Isnawati Mohamad, S.Pd., M.Sn. (0011097406)
Tanggal Upload
21-01-2025
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis scrapbook pada materi seni kaligrafi bagi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gorontalo. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian R&D model ADDIE. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara. dokumentasi, lembar penilaian. Kelas yang menjadi subjek penelitian adalah kelas XI.8 dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari kelima tahapan yang dilakukan adalah sebagai berikut: 1) analyze: profil, sumber daya, fasilitas dan lingkungan, serta kurikulum; 2) design: a) menentukan alat dan bahan, b) merancang visualisasi media (menentukan font, memilih gambar huruf seni kaligrafi (khat), merancang judul halaman, dan mendesain materi); 3) development: pembuatan produk media pembelajaran scrapbook, kemudian validasi materi memperoleh nilai 91% menunjukkan sangat valid, validasi kelayakan media memperoleh nilai 93,6% menunjukkan sangat layak; 4) implementation: dilakukan dengan penerapan media pembelajaran scrapbook pada siswa kelas XI.8 SMA Negeri 1 Gorontalo; 5) evaluation: dilakukan dengan memberikan lembar evaluasi respons siswa terhadap keefektifan media pembelajaran scrapbook memperoleh nilai 94,86% menunjukkan sangat efektif. Dengan demikian media pembelajaran berbasis scrapbook berhasil dikembangkan dan sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran seni kaligrafi. Kata Kunci : Pengembangan, Media, Scrapbook, Seni Kaligrafi