Tri Handayani Putri Gela. NIM 911416034. “Pengaruh Media Pembelajaran Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 11 Kota Gorontalo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Bapak Dr. Usman Moonti, M.Si Sebagai Pembimbing I & Ibu Melizubaida Mahmud, S.Pd., M.Si Sebagai Pembimbing II. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 11 Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian survei dan teknik regresi sederhana yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran Angket pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Kota Gorontalo. Jumlah Penarikan Sampel dalam penelitian ini sebanyak 61 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil Penelitian menunjukan bahwa melalui tabel Koefisien Determinasi ditemukan nilai R-square sebesar 0,680. Hal ini mengindikasikan bahwa Media Pembelajaran Visual memiliki pengaruh sebesar 68% terhadap Motivasi Belajar Siswa. Sementara itu sisanya sebesar 32% (100%-68%) merupakan variasi pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci :Media Pembelajaran Visual, Motivasi Belajar Siswa