PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP LITERASI SAINS PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XII SMA NEGERI TAPA

MERLINDA APRIYANI PAULUTU (421418007)
Skripsi
Pembimbing
Drs. Asri Arbie, M.Si (0017046302)
Dr. Abdul Haris Odja, S.Pd., M.Pd (0007117802)
Tanggal Upload
30-08-2024
Abstract

Merlinda A. Paulutu. 2024. “Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Literasi Sains Pada Pembelajaran Fisika Kelas XII SMA Negeri 1 Tapa”. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1: Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing 2: Dr. Abdul Haris Odja, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning dengan pendekatan berdiferensiasi terhadap literasi sains pada pembelajaran fisika siswa kelas XII SMA negeri 1 Tapa. Penelitian ini merupakan metode eksperimen, dengan desain penelitian yang digunakan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XII IPA di SMA N 1 Tapa tahun ajaran 2023/2024, yang berjumlah 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini, ditentukan menggunakan teknik total sampling dengan menggunakan seluruh populasi menjadi sampel, yaitu sebagian kelas eksperimen dan sebagian kelas replikasi. Penentuan kelas eksperimen dan kelas replikasi dilakukan secara acak dan mendapatkan kelas XII IPA 1 sebagai kelas eksperimen, XII IPA 2 sebagai kelas replikasi 1 dan XII IPA 3 sebagai kelas replikasi 2. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik tes, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, yang mencakup uji normalitas, uji hipotesis, dan analisis n-gain. Hasil pengujian hipotesis seluruh kelas sampel rata-rata lebih besar dari skor KKM, yang ditunjukan dengan nilai rata-rata 61,50 kelas eksperimen, 58,96 kelas replikasi 1, 56,70 kelas replikasi 2, dibandingkan dengan skor KKM 51. Berdasarkan hasil analisis the course avearge normalized gain, diperoleh kelas eksperimen sebesar 0,66, kelas replikasi 1 0,65, kelas replikasi 2 sebesar 0,62, yang berarti seluruh kelas sampel termasuk kategori sedang. Dengan demikian, penggunaan pendekatan berdiferensiasi menggunakan model pembelajaran problem based learning berpengaruh signifikan terhadap literasi sains siswa SMA pada pembelajaran fisika. Kata Kunci : Berdiferensiasi, Problem Based Learning, Literasi Sains