PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF PADA ANAK KELOMPOK B TK DAMHIL DWP UNG KELURAHAN LIMBA U II KOTA SELATAN KOTA GORONTALO

VRISKA PONTOH (153416039)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Irvin Novita Arifin, M.Pd (0001118005)
Sri Wahyuningsi Laiya, S.Pd. M.Pd (0028087906)
Tanggal Upload
19-06-2023
Abstract

Vriska Pontoh.2023. NIM: 153416039 "peran guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa ekspresif pada anak di kelompok B Tk DlDamhil DWP Universitas Negeri Gorontalo Kota Gorontalo. fakultas ilmu pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo" Skripsi. Program studi SI PAUD jurusan pendidikan anak usia dini, fakultas ilmu pendidikan,univeritas negeri gorontalo. Pembimbing I: Dr. Irvin Novita Arifin, M.Pd, pembimbing II: Sri Wahyuningsi Laiya, S.pd, M.dp. Tujuan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa ekspresif pada anak kelompok B Tk Damhil DWP Universitas Negeri Gorontalo kota gorontalo. penelitian ini yaitu guru dan anak yang ada di kelas B Tk Damhil. Sedangkan analisis data yang dilakukan dengan mendeskripsikan hal-hal yang di temukan dilapangan yang berhubungan dengan peran guru sebagai pendidik, guru sebagai pengajar, dan guru sebagai pembimbing untuk dalam mengembangkan bahasanya. Hasil penelitian menunjukan bahwa, dalam proses kegiatan perkembangan bahasa ekspresif pada anak disekolah juga guru menyediakan fasilitas dan media pembelajaran untuk mengembangkan bahasa pada anak, guru juga mengawasi kegiatan belajar anak dan selalu memberikan motivasi/dorongan kepada anak selama dalam melaksanakan pembelajaran. Kata Kunci: Peran guru, Bahasa ekspresif, anak usia ini