PENGARUH PENGGUNAAN KIT HIDROSTATIKA DAN PANAS TERHADAP FREKUENSI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK SMA PADA TOPIK FLUIDA STATIS

RELITA DAMOPOLII (421420008)
Skripsi
Pembimbing
Drs. Asri Arbie, M.Si (0017046302)
Dr. Abdul Haris Odja, S.Pd., M.Pd (0007117802)
Tanggal Upload
30-08-2024
Abstract

RELITA DAMOPOLII. 2024. Pengaruh Penggunaan KIT Hidrostatika dan Panas Terhadap Frekuensi Miskonsepsi Peserta Didik SMA Pada topik Fluida Statis. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Drs. Asri Arbie, M.Si Dan Pembimbing II : Dr. Abdul Haris Odja, S,Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan KIT Hidrostatika dan Panas terhadap frekuensi miskonsepsi peserta didik SMA pada topik fluida statis di kelas XI-Fisika SMA Negeri 1 Bonepantai. Metode penelitian digunakan dalam penelitian adalah metode One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik total sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI di SMA Negeri 1 Bonepantai tahun ajaran 2023/2024, yang berjumlah 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas, yaitu kelas XI Fisika 1, sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Fisika 2, sebagai kelas replikasi, yang ditentukan secara acak dengan cara pengundian. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik tes, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, yang mencakup uji hipotesis dan uji n-gain. Hasil analisis data yang ditunjukkan dengan frekuensi penurunan miskonsepsi peserta didik menjadi 5,25 untuk kelas eksperimen dan 4,9 untuk kelas replikasi dari semula 6,16 untuk kelas eksperimen, serta 6,28 pada kelas replikasi setelah menggunakan KIT Hidrostatika dan Panas pada pembelajaran fisika. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang menunjukkan adanya pengaruh secara signifikan, terhadap frekuensi miskonsepsi peserta didik pada kelas eksperimen/kelas replikasi setelah pembelajaran dengan penggunaan KIT Hidrostatika dan Panas yang dibarengi dengan model pembelajaran inquiry based learning sebelum pembelajaran tanpa menggunakan KIT Hidrostatika dan Panas pada kelas eksperimen/kelas replikasi pada topik fluida statis. Berdasarkan the corse average normalized gain diperoleh pada kelas eksperimen sebesar 0,67 dan kelas replikasi sebesar 0,57 yang berarti seluruh kelas sampel masuk pada kategori sedang. Artinya, penggunaan KIT Hidrostatika dan Panas dalam pembelajaran fisika berpengaruh terhadap frekuensi miskonsepsi peserta didik pada topik fluida statis. Kata kunci: KIT Hidrostatika dan Panas, Miskonsepsi, Fluida Statis