PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA MATA PELAJARAN TEKNIK KERJA UKIR KELAS XI JURUSAN KRIYA KAYU DAN ROTAN SMK NEGERI 4 GORONTALO

IDA PRIHATI NINGRUM (544419001)
Skripsi
Pembimbing
Dr. I Wayan Sudana, S.Sn, M.Sn (0006077202)
Isnawati Mohamad, S.Pd, M.Pd (0011097406)
Tanggal Upload
16-05-2025
Abstract

Ida Prihati Ningrum 2025. Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Mata Pelajaran Teknik Kerja Ukir Kelas XI Jurusan Kriya Kayu dan Rotan SMK Negeri 4 Gorontalo. Jurusan Seni Rupa dan Desain, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo. pembimbing 1 Dr. I wayan Sudana, S.Sn., M.Sn. dan selaku pembimbing 2 Isnawati Mohamad, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran berbasis multimedia pada mata pelajaran teknik kerja ukir kelas XI Jurusan Kriya Kayu dan Rotan SMK Negeri 4 Gorontalo. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian R&D (Research and Development) model 4D, yaitu define, design, develop, disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan media pembelajaran berbasis multimedia mata pelajaran teknik kerja ukir kelas XI Jurusan Kriya Kayu dan Rotan dapat dilakukan melalui beberapa tahapan: 1) pendefinisian yaitu melakukan analisis awal-akhir terdiri dari aspek sejarah, sarana dan prasarana, sumber daya, dan kurikulum, analisis siswa, konsep, dan tujuan; 2) perancangan yaitu penyusunan rancangan desain materi dan evaluasi tampilan multimedia, pembuatan storyboard, dan penyajian tampilan visual; 3) pengembangan yaitu merealisasikan produk berupa media pembelajaran berbasis multimedia, kemudian divalidasi oleh ahli materi memperoleh skor 52 dengan nilai persentase 94%, termasuk kategori “sangat layak”, validasi oleh validator ahli media mendapatkan skor 75 dengan persentase kevalidan 93% termasuk kategori ”sangat layak”, dan hasil uji coba terbatas untuk menentukan keefektifan media pembelajaran dari respons siswa dan guru memperoleh rata-rata nilai 57 dengan persentase 95?ngan kategori “sangat efektif”; 4) penyebaran media pembelajaran berbasis multimedia yang berhasil dirancang dikemas berbentuk exe disebarkan dengan memberikan produk ke pihak sekolah. Disimpulkan, bahwa media pembelajaran berbasis multimedia untuk mata pelajaran teknik kerja ukir yang berhasil dirancang telah memenuhi kriteria layak dan efektif, sehingga dapat digunakan secara berkelanjutan dalam pembelajaran teknik kerja ukir di kelas XI Jurusan Kriya Kayu dan Rotan SMK Negeri 4 Gorontalo. Kata kunci: Perancangan, Media pembelajaran, Multimedia, Teknik kerja ukir