Sri Ulfawati Maseke, 2023. “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pecahan Biasa Menggunakan Media Kartu Pecahan Pada Siswa Kelas II SDN 25 Kota Selatan”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asni Ilham, S.Pd, M.Si dan pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan media kartu pecahan kemampuan mengenal pecahan biasa pada siswa kelas II SDN 25 Kota Selatan Dapat Meningkat?”, adapun tujuan penelitian ini yaitu “meningkatkan kemampuan mengenal pecahan biasa menggunakan media kartu pecahan pada siswa kelas II SDN 25 Kota Selatan”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitiannya adalah siswa kelas II yang berjumlah 9 orang. Hasil penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi. Hasil penelitian siklus I yaitu sebanyak 3 siswa atau 33% memperoleh nilai 75 keatas sesuai dengan standar KKM dan termasuk kategori tuntas. Sedangkan yang memperoleh nilai 75 kebawah sebanyak 6 siswa atau 67?n termasuk kategori tidak tuntas. Pada penelitian tindakan siklus II terjadi peningkatan yaitu dari jumlah siswa kelas II 9 orang sebanyak 8 siswa atau 89% memperoleh nilai diatas 75 dan termasuk kategori tuntas sesuai dengan standar KKM dan sebanyak 1 orang siswa atau 11% memperoleh nilai dibawah 75 dan termasuk kategori tidak tuntas. Hasil pada siklus II ini sudah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kartu pecahan kemampuan mengenal pecahan biasa pada siswa kelas II SDN 25 Kota Selatan meningkat. Kata Kunci : Kemampuan, Mengenal Pecahan Biasa, Media Kartu Pecahan