ANALISIS REGRESI ORDINAL UNTUK MENGETAHUI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN NASABAH BANK BRI POGOGUL BUOL TERHADAP KUALITAS PELAYANAN TELLER

YULIANTI ARBI (413418044)
Skripsi
Pembimbing
Djihad Wungguli S. Pd.,M.Si (0012068905)
La Ode Nashar S. Pd., M.S (0015079102)
Tanggal Upload
22-10-2025
Abstract

Perbankan merupakan industri jasa yang didasarkan pada kepercayaan nasabah terhadap layanan yang diberikan. Kualitas layanan merupakan faktor penting bagi keberhasilan bisnis. Pelayanan di Industri Perbankan Seiring dengan semakin canggihnya teknologi, inovasi baik produk maupun layanan menjadi semakin pesat. Untuk itu semua bank harus selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan nasabahnya serta berupaya memenuhi harapannya dengan lebih baik dan memuaskan dibandingkan kompetitor lainnya. Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja produk (atau hasil) yang ia rasakan dengan harapannya. Jadi tingkat kepuasan merupakan fungsi dari perbedaan antara kinerja yang dirasakan (perceived performance) dan harapan (expectations) (Sembiring dan Wardhana (2015)). Kualitas pelayanan yang baik akan mempengaruhi bagaimana pelanggan menilai, memutuskan, dan memberikan kesan terhadap layanan yang diberikan, karena biasanya pelanggan yang puas akan lebih setia kepada perusahaan itu. Kepuasan pelanggan terhadap pelayanan perusahaan akan sangat penting untuk mempertahankan posisi perusahaan dipasar dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas. Adapun tujuan Penelitian ini yakni Untuk mengetahui bagaimana Tingkat kepuasan nasabah terhadap kualitas pelayanan Teller di Bank BRI Pogogul Buol. Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi secara signifikan terhadap kepuasan pelayana Teller di bank BRI pogogul buol. Dengan menggunkan Metode Kuantitaif serta instrumen Penelitian yang digunakan penelitian ini adalah menggunakan Kuesioner. Kuesioner ini digunakan untuk mengumpulkan data kepuasan nasabah pada Bank BRI Pogogul Buol. Dengan menggunakan skala likert, maka setiap thing instrumen dilengkapi dengan 4 pilihan, dengan skor yang digunakan dalam skala demonstrate Liker Adalah 1 – 4. Uji validitas adalah suatu ukuran yang menunjukkan Tingkat-tingkat kevalidan instrument. Pada penelitian ini menggunakan 27 butir pernyataan valid, yang dimana pernyataan tersebut berasal dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Realibilitas menunjukan pada Tingkat kemantapan atau konsistensi suatu alat ukur. Kuisioner disebut reliable jika mampu memberi hasil yang jika dipakai secara berulang kali dengan asumsi kondisi pada suatu pengukuran tidak berubah. Kriteria yang dipakai adalah dengan melihat besarnya nilai Cronbach Alpha (α). Apabila nilai Cronbach Alpha (α) > (0,70) maka variabel dinyatakan reliabel dan sebaliknya apabila Cronbach Alpha (α) < (0,70) maka variabel dinyatakan tidak reliabel. Uji Reliabilitas kuesioner ini digunakan uji statistik Cronbach Alpha (α) sesuai dengan Persamaan Setelah dilakukannya analisis dan pembahasan hasil terhadap kepuasan nasabah, kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1. kepuasan nasabah terhadap kualitas pelayanan Teller di Bank Bri pogogul buol berada di tingkat tidak puas. 2. Faktor yang mempengaruhi secara signifikan terhadap kepuasan pelayana Teller di bank BRI pogogul buol yakni faktor Empathy (kepedulian). Kunci : Perbankan, Kepuasan, Kualitas, Bank BRI Pogogul Boul