Penelitian ini bertujuan membahasmengenai : pertama, Bagaimana pembelajaran sejarah sebelum adanya program MBKM di SMA negeri 1 Botumoito. Kedua, Bagaimana implementasi pembelajaran sejarah program mbkm di SMA negeri 1botumoito.Metode yang dihunakan adalah penelitian kualitatif.Sumber data dalam penelitian ini berasal dari observasi, wawancara dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan, yaitu analisa deskriptif, dimana terdapat interaksi antara pengumpulan data, reduksi data, sajian data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan Proses Belajar Siswa Dalam Pembelajaran sejarah Sebelum Adanya Program MBKM yakni masih menggunakan mengunakan kurikulum terpusat yang dimana dalam materi pembelajaran sejarah masih diatur oleh kurikulum nasional sehingga setiap sekolah termasuk SMA Negeri 1 Botumoito masih mengikuti panduan yang sama sesuai dengan topik dan periode yang diajarkan. Kemampuan siswa dalam belajar sejarah setelah adanya program MBKM mengalami peningkatan. Berdasrkan observasi dan wawancara dari beberapa narasumber yang dimana bahwa ternyata program MBKM yang dilaksanakan oleh pihak kampus memiliki dampak yang cukup besar khususnya dalam pembelajaran sejarah hal ini tidak lepas dari berbagai macam metode dan strategi yang dilakukan oleh para peserta MBKM hal ini yang memberikan dampak besar terhadap perubahan yang terjadi pada siswa. Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran Sejarah