Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil kemampuan siswa dalam berkarya seni kaligrafi media biji-bijian. Metode yang digunakan pada penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data, teknik analisis data, dan penentuan sampel menggunakan cara purvosive sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-1 dengan jumlah 29 orang. Adapun aspek penilaian hasil karya siswa menggunakan IKET yang terdiri dari 4 aspek yaitu Intelektual, Kreativitas, Estetika dan Teknik. Berdasarkan hasil penilaian siswa kelas VIII-1 dengan jumlah 29 orang siswa, 9 orang siswa mendapatkan nilai dengan kategori Sangat Mampu (SM) rentang nilai 84-90 atau presentase sebesar 31,03%, 11 orang siswa mendapatkan nilai dengan kategori Mampu (M) rentang nilai 77-83 atau presentase sebesar 37,93%, 5 orang siswa mendapatkan nilai dengan kategori Cukup Mampu (CM) rentang nilai 70-76 atau presentase sebesar 17,24%, dan 4 orang siswa mendapatkan nilai dengan kategori Kurang Mampu (KM) rentang nilai 63-69 atau presentase sebserar 13,8%. Hasil dari penelitian dari 29 orang siswa, terdapat 20 orang siswa yang masuk kategori sangat mampu dan mampu dengan presentase sebesar 68,96%, sedangkan 9 orang siswa masuk kategori cukup mampu dan kurang mampu dengan presentase sebesar 31,04%. Ini menunjukkan bahwa siswa memiliki kategori mampu lebih besar jumlahnya dari siswa yang kategori cukup mampu dalam mengerjakan praktek seni kaligrafi dengan media biji-bijian. Kata Kunci : Kemampuan Siswa, Seni Kaligrafi, Kolase, Biji-bijian