PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PUSKESMAS KECAMATAN DUNGALIYO KABUPATEN GORONTALO

ALDA ALFIANTI YASIN (941419035)
Skripsi
Pembimbing
Prof. Dr. Arifin Tahir, M.Si (0026085605)
Dr. Ismet Sulila, SE, M.Si (0018037802)
Tanggal Upload
10-05-2024
Abstract

Alda Alfianti Yasin 941.419.035. 2024. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Dungaliyo Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Skripsi S1 Administrasi Publik, Jurusan Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Bapak Prof. Dr. Arifin Tahir, M.Si dan Bapak Dr. Ismet Sulila, S.E., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Dungaliyo Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Pengumpulan data dilakukan dengan Observasi, Dokumentasi dan Kuisioner yang dibagikan kepada Pasien yang merupakan Masyarakat Dungaliyo Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Analisis data dilakukan dengan metode kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Pasien dengan koefisien Determinasi sebesar 58%, Diartikan bahwa Kualitas Pelayanan memberikan pengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pasien sebesar 58%. Sedangkan 42% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel yang diteliti, oleh karena itu bagi penelitian selanjutnya agar dapat menambahkan variabel independen lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien