Ririn Tilola,Nim. 231418043. 2023. Persepsi Peserta Didik tentang Penggunaan Youtube sebagai Sumber Belajar Pada Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Tilamuta.Skripsi. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pertama, Sejauhmana pengetahuan peserta didik di SMA Negeri 1 Tilamuta tentang Youtube ?. Kedua, Bagaimana persepsi peserta didik terhadap penggunaan Youtube Sebagai Sumber Belajar di SMA Negeri 1 Tilamuta ?. Ketiga, Kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh peserta didik jika Youtube digunakan sebagai salah satu sumber belajar pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Tilamuta?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang membahas tentang kajian fenomenologis dan diungkapkan secara deskriptif analisis kritis.Teknik analisis interaktif ini memiliki empat komponen analisis yaitu : Pertama pengumpulan data. Kedua reduksi data. Ketiga sajian data. Keempat, Verifikasi/penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama Pembelajaran sejarah sudah banyak menggunakan berbagai macam sumber dan model dalam pembelajaran sejarah Kedua. Berdasarkan persepsi peserta didik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa para peserta didik di SMA Negeri 1 Tilamuta sebagian besar telah memahami dengan baik kegunaan dan cara menggunakan aplikasi youtube. Ketiga Adapun kendala dalam merealisasikan hal tersebut, para peserta didik menyadari bahwa terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Diantaranya adalah berkaitan dengan kemampuan dari peserta didik dan orang tua mereka. Sebab, untuk bisa menggunakan youtube sebagai sumber belajar sejarah di SMA Negeri 1 Tilamuta, para peserta didik harus memiliki media yang mendukung yakni hand phone ataupun laptop. Sementara, tidak semua peserta didik mampu memiliki media-media tersebut di karenakan kemampuan ekonomi para peserta didik itu sendiri. Kata Kunci : Pembelajaran Sejarah, Sumber Belajar, Youtube.