PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN INKUIRI PADA MATERI FLUIDA STATIS

ASWAN BANNANG (706520001)
Tesis
Pembimbing
Dr. Ritin Uloli, M.Pd (0007037003)
Dr Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd (0020067903)
Tanggal Upload
17-06-2023
Abstract

ASWAN BANNANG .2023. P engemb angan P erangkat P emb et aj aran Menggunakan Mode l Pembelaiaran Kooperatif Dengan Pendekatan Inlairi Pada Materi Fluiia,sraris. Tesis. Prograrn Studi Pendidikan Fisika. Pembimbing I: Dr. Ritin llloli, s.pq M.pd dan Pembimbimbing II: Dr. Tirtawaf Abdjul S.Pd, M.pd. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan perangkat pembelajaran menggrrnakan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan inkuiri pada materi fluida statis yang berkualitas yakni valid praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembargan {Research and Development) dengan model pengembangan 4-D (foui D uoaiq. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan inkuiri menghasilkan produk berupa RPP, Bahan ajar, lfpO dan Tes Hasil Belajar. Perangkat pembelajaran divalidasi oleh validator ahli dengan kategori sangat valid selanjutrya diuji cobakan pada kelas XI IPA 4 dar- XI IPA 5. Hasil penetitian aan analisis menunjukkan bahwa rata.+ata. keterlaksanaan pembelajaran selama empat kali pertemuan untuk kelas XI IPA 4 sebesar 92,86 Yo dan kelas XI IPA5 sebesar 93,45 oA dengan kategori sangat praktis . Untuk lembar aktivitas peserta didik di kelas XI IpA 4 sebes x 92,19 o/o dan kelas XI IPA 5 sebesar 93,55 o/o dengan kategori sangat praktis. Angket respon peserta didik di kelas XI IPA 4 pada aspek model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan'inkuiri sebesar 95.83 yo, LKPD sebesar 99,72oA, bahan ajar sebeim 98,77 ?n tes hasil belajar sebesar 97,78 Yo sedangkan unhrk kelas XI IPA 5 aspek model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan inkuiri sebesar 95,83 yo, LKPD sebesar 96,6i oA, bahan ajar slbesar 94,75 ?n tes hasil belajar sebesar 94,72%. Perolehan N- Gain padates hasil belajar pesefta didik kelas XI IPA 4 sebesar 0,760 dengan kategori tinggi dan hasil perolehan'N-Gain di kelas XI IPA 5 sebesar 0,783 dengan kategori tirggi- -Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatrf dengan pendekatan inkuid pada materi fluidi statis mer.nenuhi syarat kualitas perangkat dengan kriteria valicl, praktis dan efektif. Kata Kunci: Pengembangan perangkat pembelajaran, model kooperati{ pmdekatan inkuiri, fluida statis