Rahmatia. 2024. Pengaruh Model Problem Based Llearning Berbantuan Video Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Di SMA Negeri 1 Lakea. Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr Ritin Uloli, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing 2 Dr. Abdul Haris Odja, S.Pd.,M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan video terhadap keterampilan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 1 Lakea. Metode penelitian ini merupakan metode eksperimen, dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Lakea tahun ajaran 2022/2023, yang berjumlah 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen sedangkan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol, yang ditentukan secara acak. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik tes, kemudian dianalisis menggunakan statistic uji normalitas data, uji homogenitas data, uji hipotesis dan uji n-gain. Hasil pengujian hipotesis seluruh kelas sampel yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata peserta didik dengan skor 75,82 kelas eksperimen, 68,86 kelas kkontrol. Berdasarkan hasil analisis the course average normalized again, diperoleh kelas eksperimen sebesar 0,701 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 633. Sampel pada kelas eksperimen termasuk kategori tinggi sedangkan pada kelas kontrol kategori sedang. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan video berpengaruh signiikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 1 lakea. Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Problem Based Learning