Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan ChatGPT terhadap self-efficacy siswa di SMA Negeri 3 Gorontalo. Latar belakang penelitian ini didasari oleh maraknya penggunaan teknologi kecerdasan buatan, khususnya ChatGPT, dalam dunia pendidikan. Penelitian ini menggunakah metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 3 Gorontalo dan sampel sebanyak 100 siswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan uji regresi linier sederhana menggunakan bantuan SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penggunaan ChatGPT siswa tergolong sangat tinggi, demikian pula dengan tingkat self-efficacy siswa. Hasil uji regresi menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan ChatGPT terhadap self-efficacy siswa, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05) dan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,546. Artinya, penggunaan ChatGPT memberikan kontribusi sebesar 54,6% terhadap peningkatan self-efficacy siswa. Yang artinya bahwa penggunaan ChatGPT berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap self-efficacy siswa di SMA Negeri 3 Gorontalo. Kata Kunci: ChatGPT, Self-Efficacy, Kecerdasan Buatan