Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan, keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menerapkan media peta konsep pada materi sistem pernapasan. Desain penelitian ini menggunakan rancangan One Grup Pretest dan Posttest Desain. Adapun subjek penelitian ini melibatkan 20 orang peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tilango. Instrumen yang digunakan terdiri dari, lembar keterlaksanan, lembar aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar. Data hasil penelitian dianalisis mengunakan rumus keterlaksanaan, aktivitas peserta didik, nilai rata-rata pretest, posttest dan N-gain peserta didik, berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai keterlaksanaan pada pertemuan 1 terdapat 11 aspek yang memiliki nilai presentase 75% Sedangkan pada keterlaksanaan pembelajaran pertemuan II menunjukan 18 aspek dengan nilai presentase 100?ngan kategori sangat baik. Nilai aktivitas peserta didik pertemuan 1 yakni 80% sedangkan pertemuan II 91%. Presentase nilai rata-rata hasil belajar pretest pertemuan 1 yaitu 29,65 dan presentase posttest adalah 81,55. Nilai N-gain yang didapatkan dari pemahaman peserta didik dalam mempelajari materi sistem pernapasan yakni mencapai 0.74 dengan kriteria tinggi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan, keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem pernapasan dengan menggunakan peta konsep mengalami peningkatan. Kata kunci: media, peta konsep, sistem pernapasan.