Dandi Y. Ladja, 2 0 2 3. ANALISIS RANTAI MARKOV TERHADAP POLA PERPINDAHAN PENGGUNA MARKETPLACE BELANJA ONLINE DAN PENILAIAN MARKETPLACE MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP). Skripsi. Gorontalo. Program Studi Matematika. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Nurwan, S.Pd., M.Si(2) Salmun K. Nasib, S.Pd., M.Si Perpindahan pengguna sangat berpengaruh terhadap probabilitas penggunaan (pangsa pasar) marketplace kedepannya, sehingga penting untuk mengetahui pola perpindahan pengguna. Berdasarkan penelitian sebelumnya, untuk mengetahui pola perpindahan dapat menggunakan analisis rantai Markov. Disamping itu, mengetahui kualitas marketplace juga penting untuk memaksimalkan pengambilan keputusan penggunaan marketplace. Marketplace terbaik ditentukan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Berdasarkan hasil penelitian, dengan menggunakan analisis rantai Markov diperoleh probabilitas transisi yang paling besar adalah probabilitas transisi mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo pengguna Shopee ke Tiktok Shop yakni sebesar 38.5%, probabilitas bertahan yang paling besar adalah probabilitas pengguna Tiktok Shop sebesar 80%, sedangkan probabilitas transisi terkecil adalah probalilitas transisi pengguna Shopee ke Tokopedia dan Tiktok Shop ke Tokopedia sementara itu, Tiktok Shop juga merupakan marketplace yang diprediksi paling banyak digunakan kedepannya. Hasil analisis metode Analytical Hierarchy Process (AHP) juga menunjukkan bahwa Tiktok Shop merupakan marketplace terbaik dengan bobot prioritas 0.349, Shopee 0.258, Tokopedia 0.202 dan Lazada 0.190. Kata Kunci: Rantai Markov, Matriks Probabilitas Transisi, Pangsa Pasar, Analytical Hierarchy Process (AHP), Marketplace