Fadila A. Djikilo, 411418125. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Open Ended Pada Materi Himpunan Dikelas VII-1 SMP Negeri 1 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Gorontalo. Program Studi PendidikanMatematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2023. Pembimbing : (1) Drs. Perry Zakaria, M.Pd (2) Dewi Rahmawaty Isa, S.Si., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang peningkatan hasil belajar matematika pada pokok bahasan himpunan Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan SMP Negeri 1 Batudaa pada tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-1 dengan jumlah siswa 26 orang dan seorang guru matematika. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan tes dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa dan tes essay. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus. Hasil pengamatan kegiatan guru meningkat dari 73,53% menjadi 97,06?lam kategori baik dan sangat baik. Selanjutnya hasil pengamatan kegiatan siswa meningkat dari 65% menjadi 90?lam kategori baik dan sangat baik. Hasil belajar juga mengalami peningkatan dari 54% menjadi 88,46%. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika;Himpunan;Open Ended