PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN VIDEO BASED LABORATORY TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE

INGKAWATI YUNUS (421420010)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Abdul Haris Odja, S. Pd, M. Pd (0007117802)
Dr. Trisnawaty Junus Buhungo, S. Pd, M. Pd (0018097605)
Tanggal Upload
30-01-2025
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan model problem based learning berbantuan video based laboratory terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada materi elastisitas dan hukum Hooke. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttes. Populasi dalam penelitian adalah siswa SMAN 1 Bonepantai terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI 2 sebagai kelas replikasi. Instrumen yang digunakan yaitu tes uraian yang berjumlah 6 soal yang sudah di validasi. Data di analisis menggunakan uji t one sample. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 84,5 dan kelas replikasi 82,8. Berdasarkan Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning berbantuan video based laboratory mempunyai pengaruh yang signifikan terhadaap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi elastisitas dan hukum Hooke. Berdasarkan uji n-gain untuk kelas ekperimen diperoleh uji n-gain 0,814 dan termasuk dalam kriteria tinggi. Untuk kelas replikasi diperoleh n-gain 0,785 berkriteria tinggi, ini berarti penggunaan model pembelajaran PBL menjadi salah satu alternative dalam proses pembelajaran. Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah, problem based learning, video based laboratory