Oktaviani Iko. 311419095. 2023. “Nilai Edukatif dalam Novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontlo. Pembimbing 1 Dr. Fatmah AR Umar, M.Pd. Pembimbing II Dr. Siti Rachmi Masie, S.Pd., M.Pd. Dalam novel terdapat nilai edukatif yang dapat mendidik dan memberikan pengetahuan kepada pembaca. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai edukatif yang terdapat dalam novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia ditinjau dari aspek karakter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni, metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian adalah kata atau penggalan kalimat yang menggandung nilai edukatif dalam novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia. Data-data dalam novel tersebut dikumpulkan dengan menggunakan teknik baca, teknik kode dan teknik catat. Data yang terkumpul diidentifikasi, dianalisis, dideskripsikan, dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukan terdapat lima puluh delapan jenis nilai edukatif. Kelima puluh delapan nilai tersebut dapat diklasifikasikan ke dalam sembilan kelompok nilai yakni (1) nilai cinta tuhan dan segala ciptaannya, meliputi konsep bersyukur dan kasih sayang, (2) nilai kemandirian dan tanggung jawab, meliputi konsep mandiri dan tanggung jawab, (3) nilai kejujuran dan berkata bijak meliputi konsep kejujuran dan berkata bijak, (4) nilai hormat dan santun meliputi konsep hormat dan santun,(5) nilai dermawan, suka tolongmenolong dan kerja sama yang meliputi konsep dermawan, suka tolong menolong dan kerjasama, (6) nilai percaya diri dan pekerja keras meliputi konsep percaya diri dan pekerja keras, (7) nilai baik dan rendah hati meliputi konsep baik hati dan rendah hati, (8) nilai kepemimpinan dan keadilan meliputi konsep keadilan, (9) nilai toleransi, kedamaian dan kesatuan meliputi konsep toleransi dan kedamaian. Kata kunci: Nilai Edukatif, Nove