Desi Hulopi. 911 417 021. 2022. Pengaruh Kompetensi Profesionalisme Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di MTs Nurul Bahri Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dengan Pembimbing I Melizubaida Mahmud, S.Pd., M.Si., dan Pembimbing II Rustam Tohopi, S.Pd., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu Kelas VIII di MTs Nurul Bahri Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif dengan metode expost facto. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara melakukan penyebaran angket kepada 15 orang guru dan 32 orang siswa, sehingga data dalam penelitian ini yakni data primer. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi profesionalisme guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu Kelas VIII di MTs Nurul Bahri Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango Nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,598. Nilai ini berarti bahwa sebesar 59,80%. Adapun pengaruh dari variabel lain terhadap hasil belajar siswa sebesar 40,20% yakni kompetensi pedagogik guru, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, media pembelajaran, model pembelajaran dan lingkungan belajar. Hasil positif menunjukan bahwa semakin profesional guru maka akan semakin baik dan tinggi hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu Kelas VIII di MTs Nurul Bahri Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango atau dalam hal ini siswa mampu menguasai konsep dan konteks mata pelajaran sehingga memenuhi kriteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran tersebut. Kata Kunci: Hasil Belajar, Kompetensi Profesionalisme Guru