PENGUATAN LITERASI KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 TELAGA

DIAN SULEMAN (221419036)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd (0009056707)
Asmun W Wantu, S.Pd, M.Sc (0012077803)
Tanggal Upload
13-01-2024
Abstract

Dian Suleman, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penguatan literasi kewarganegaraan di SMP Negeri 2 Telaga guna meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan studi kasus dalam konteks penguatan literasi kewarganegaraan di sekolah tersebut. Tujuan khususnya meliputi identifikasi strategi penguatan literasi kewarganegaraan, peran guru dalam meningkatkan literasi kewarganegaraan serta hasil belajar siswa, penggalian tanggapan siswa terhadap program tersebut, penilaian terhadap efektivitas program, dan memberikan rekomendasi strategi yang lebih efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program tersebut efektif meningkatkan pemahaman siswa tentang kewarganegaraan dengan mengintegrasikan konsep- konsep tersebut ke dalam berbagai mata pelajaran, merangsang pemahaman yang lebih dalam mengenai peran aktif siswa sebagai warga negara. Peran guru, terutama guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, sangat penting dalam membimbing siswa memahami nilai-nilai kewarganegaraan. Respons positif siswamencerminkan keberhasilan program dalam memotivasi mereka untuk berpartisipasi dalam kehidupan politik, sosial, serta menjadi individu yang lebih peduli terhadap masalah-masalah sosial. Dalam kesimpulannya, studi ini mengindikasikan bahwa program penguatan literasi kewarganegaraan memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang kewarganegaraan dan partisipasi mereka dalam kehidupan masyarakat. Kata kunci: strategi, literasi, kewarganegaraan, Pancasila