Mohamad Zaldy Karmuji. NIM 231419054. Judul Skripsi Study Komparasi pembelajaran sejarah antara kurikulum K-13 dan merdeka belajar di SMA N 2 Limboto. Jurusan S1 Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawa bimbingan bapak Drs. Darwin Une, M.Pd selaku pembimbing I, dan bapak Renol Hasan, S.Pd, M.Pd sebagai Pembimbing II Kurikulum merupakan sistem dalam dunia pendidikan oleh karna itu peran kurikulum penting di dalamnya. K-13 dan merdeka belajar juga merupakan salah satu dari sekian kurikulum yang sudah dikeluarkan oleh badan pemerintah Indonesia. K-13 di keluarkan secara serentak pada Tahun Pelajaran 2013/2014 yang dimana di dalamnya menyunjung terobosan pendidikan karakter. Setelah beberapa tahun berjalan yaitu pada tahun 2022 kurikulum Merdeka Belajar datang dengan terobosan Kebebasan belajar yang di mana pendidikan haruslah bebas dari para siswa dan tenaga pendidik. Metode penelitian kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dimulai dengan proses menyusun asumsi dasar yang akan digunakan dalam penelitian kemudian data yang dikumpulkan dalam riset, selanjutnya ditafsirkan dalam bentuk narasi. Beberapa langkah penting dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Observasi merupakan tahap pengumpulan data, pada tahap ini peneliti menemukan data terkait baik dari penggunaan dan pelaksanaan dari kurikulum K-13 dan Kurikulum Merdeka Belajar di SMA N 2 Limboto. Selanjutnya yaitu Reduksi Data merupakan penyaringan data-data relevan dan mendukung penelitian dalam hal ini peneliti mencari berbagai data dari pengajar langsung kedua kurikulum tersebut. Selanjutnya yaitu penarikan kesimpulan, dimana mencakup informasi penting dalam penelitian dan ditafsirkan dalam bentuk narasi sehingga bisa dibaca yang sesuai dengan kaida menulisan ilmiah. Kata Kunci : Kurikulum, K-13, Merdeka Belajar