Nurain Langi. 2024. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Audiovisual Pada Muatan Ipa Materi Zat Tunggal Dan Campuran Di Kelas V Sdn 57 Kota Timur. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Isnanto S.Pd, M.Ed dan Pembimbing II Rifda Mardian Arif, S.Pd., M.Pd. Project Based Leraning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai inti pembelajaran. pada penelitian ini PjBL dikombinasikan dengan media Audiovisual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran PjBL dengan bantuan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V materi zat tunggal dan campuran di SDN 57 Kota Timur. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pada mata pelajaran IPA materi zat tunggal dan campuran di kelas V SDN 57 Kota Timur dengan menggunakan model pembelajaran PjBL berbantuan media Audiovisual. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN 57 Kota Timur sebanyak 17 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi dan tes. Pada wawancara awal hasil belajar siswa yang memenuhi KKM sebanyak 7 orang atau 41?ri jumlah siswa 17 orang. Pada pembelajaran siklus 1 siswa yang memiliki nilai ketuntasan minimum berjumlah 10 orang atau 59%. Dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 15 orang atau 88%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model PjBL berbantuan dengan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 57 Kota Timur Kota Gorontalo. Kata Kunci: Media Audiovisual, Model Pembelajaran PjBL