Siti Ayisa Adeliani Thaib, 2017, Pembelajaran Ritme Melalui Metode Rhythm Syllables Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Telaga Biru Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Rahmawati Ohi., S.Pd.,M.Sn., Dan Pembimbing 2 Dr. La Ode Karlan, S.Pd., M.Sn. Penelitian ini dilakukan karena adanya beberapa permasalahan yang ditemui dalam proses pembelajaran. adapun permasalahan dalam penelitian yakni tujuan pembelajaran yang belum tercapai yang dusebabkan oleh waktu pembelajaran yang terbatas, metode yang kurang efektif, dan kurangnya interaksi guru dan peserta didik. Dengan adanya penelitian ini diharapkan peserta didik dapat memahami konsep dasar ritme dan dapat mengidentifikasi pola ritme suatu karya musik. Penelitian ini menggunakan metode Rhythm Syllables yang menggunakan tahapan kecil seperti memperkenalkan symbol ritme dengan menggunakan suku kata. Pada pelaksanaanya metode ini bertujuan untuk menghilangkan kesulitan kepada peserta didik dalam membaca ritme suatu karya musik. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran time melalui metode rhythm syllables efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Dari total 28 siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian, sebanyak 24 siswa berhasil dalam membacara pola ritme suatu karya musik, sementara itu 4 siswa masih mengalami kesulitan dalam membaca ritme yang diajarkan Kata Kunci : Pembelajaran, Ritme , Rhythm Syllables