PENERAPAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI TELEGRAM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

REKA SABARI RAKHLI (411416033)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Tedy Machmud, M.Pd (0025086907)
Khardiyawan A. Y. Pauweni, M.Pd (0006118601)
Tanggal Upload
18-08-2023
Abstract

Reka Sabari Rakhli. 411416033. Penerapan Blended Learning Berbantuan Aplikasi Telegram Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Dr. Tedy Machmud, M.Pd (2) Khardiyawan A. Y. Pauweni, M.Pd Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran blended learning dan hasil belajar yang menggunakan pembelajaran konvensional pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII di SMP Negeri 1 Bulango Selatan. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bulango Selatan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dan diperoleh kelas VIII (1) sebagai kelas yang dibelajarkan dengan pembelajaran blended learning berbantuan aplikasi Telegram (kelas eksperimen) yang terdiri dari 18 siswa. Dan kelas VIII (2) sebagai kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional (kelas kontrol) yang terdiri atas 18 siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pretest-posttest Only Control Group Desain dan Teknik pengumpulan datanya yaitu pemberian tes hasil belajar yang berbentuk uraian. Analisis inferensial dalam penelitian ini adalah uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Blended Learning berbantuan aplikasi Telegram lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Kata kunci: SPLDV, Hasil Belajar, Blended Learning