Rama Mertayasa, NIM 411419081.”Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Pada Materi Barisan Dan Deret Di Sma N 1 Bonepantai”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dr.Tedy Machmud, M.Pd, (2) Khardiyawan A.Y. Pauweni, M.Pd Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Materi Barisan Dan Deret. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilakuka n di SMA Negeri 1 Bonepantai pada tahun ajaran 2022-2023 semester genap. Penelitian dilaksanakan dengan melibatkan 28 siswa dan seorang guru sebgai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan guru, lembar pengamatan siswa, lembar penilaian sikap, lembar penilaian keterampilan dan tes hasil belajar. Penelitian ini berlangsung dengan 2 siklus. Hasil pengamatan kegiatan guru yang mencapai kategori baik dan sangat baik meningkat dari 57,14% menjadi 80,95%. Selanjutnya hasil pengamatan siswa yang mencapai kategori baik dan sangat baik juga meningkat dari 66,67% menjadi 86,67%. Untuk hasil belajar ranah afektif dilihat berdasarkan lembar penilaian sikap juga mengalami peningkatan yaitu dari 55,36% menjadi 85,71%. Selanjutnya hasil belajar ranah psikomotor dilihat dari lembar penilaian keterampilan yang juga mengalami peningkatan dari 59,82% menjadi 82,32%. Adapun hasil belajar ranah kognitif yang dilihat dari hasil tes tertulis juga mengalami peningkatan yaitu dari 64,26% menjadi 89,28%. Semua aspek penilaian telah mencapai indikator keberhasilan belajar pada siklus II Model Pembelajaran Koperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) . Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT); Baris dan Deret