Novanda I.Abayi. 2023. “Meningkatkan kemampuan membaca melalui metode speed reading”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Dra.Evi Hasim, M.Pd Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui metode speed reading kemampuan membaca pada siswa kelas V di SDN Kota Timur dapat meningkat?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pada siswa Kelas V SDN 61 Kota Timur melalui metode speed reading. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan 2 siklus, Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada observasi awal dari 20 jumlah siswa hanya 4 siswa atau 20% yang mampu membaca cepat . Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 12 siswa 60% yang mampu membaca melalui metode speed reading. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 18 orang siswa atau 90% yang mampu membaca melalui metode speed reading. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode speed reading dapat meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas V SDN 61 Kota Timur Kota Gorontalo. Kata Kunci : Membaca,Speed Reading,