Muhammad Syahrul Kahar. 2023. Pengembangan Model Pembelajaran ADERiC Matakuliah Fisika Teknik Pada Program Studi Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Sorong. Program Studi Ilmu Pendidikan. Promotor: Abdul Haris PanaI. Co-Promotor I: Mursalin. Co-Promotor II: Zulaecha Ngiu. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendesain pengembangan model pembelajaran ADERiC pada perkuliahan fisika teknik, (2) Untuk menganalisis kualitas model pembelajaran ADERiC dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pesertadidik teknik industri di Universitas Muhammadiyah Sorong, (3) Untuk menganalisis respon atau tanggapan peserta didik teknik industri di Universitas Muhammadiyah Sorong terhadap penerapan model pembelajaran ADERiC pada perkuliahan fisika teknik. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Sorong Semester Genap Tahun akademik 2021/2022. Peserta didik Pada Program Studi Teknik Industri sebanyak 44 peserta didik yang diambil dengan menggunakan teknik Purposive sampling, dengan menggunakan pendekatan Reseacrh and Development model 4D dengan tahapan meliputi Define, Design, Develop & Disseminate. Berdasarkan hasil temuan dapat disimpulkan bahwa: (1) Desain model pembelajaran ADERiC yang dikembangkan pada tahap define, dimana diperoleh rancangan produk model pembelajaran ADERiC untuk fisika terapan yang mengacu pada model pembelajaran Problem Based Learning dan teori belajar konstruktivistik. (2) Kualitas model pembelajaran yang dihasilkan dapat dilihat dari tahap Design dan Develop, dimana dalam tahapan pengembangan model pembelajaran ADERiC pada perkuliahan fisika teknik berada pada kategori layak berdasarkan hasil uji validasi oleh ahli baik pada aspek Media, Bahasa dan substansi konten ditinjau pada bagian isi serta konstruk materi. (3) Analisis pada angket respon didapatkan dengan memperhatikan keefektifan model pembelajaran yang meliputi: a) Terdapat perbedaan peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran ADERiC yang terkategori sedang (b) Aspek keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan rata-rata presentase hasil berkategori baik sehingga menggambarkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran ADERiC mampu dipahami dan dijalankan oleh peserta didik selama proses pembelajaran. (c) Respon peserta didik terhadap model pembelajaran ADERiC mendapat respon yang baik. Hal ini kemudian menjelaskan bahwa secara keseluruhan penggunaan model pembelajaran ADERiC mampu mendorong peserta didik untuk belajar fisika dengan baik dan maksimal. Kata Kunci: Fisika Teknik, Model ADERiC, Model 4D, Keterampilan Pemecahan Masalah